Pertanyaan:

Tn.A melaporkan bahwa anaknya tidak sengaja menelan obat tetes telinga. Setelah menelan obat, anak tersebut mengalami muntah satu kali setelah meminum obat dan menangis. Tn. A khawatir akan adanya efek dikemudian hari, apa yang perlu dilakukan? (A, Wiraswasta)

Jawaban:

Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa obat tetes telinga yang dimaksud memiliki kandungan zat aktif berupa natrium dokusat (docusate sodium). Zat aktif tersebut digunakan untuk menyingkirkan serumen pada telinga. Natrium dukosat mempunyai tegangan permukaan rendah dan mudah bercampur dengan massa serumen sehingga dengan cepat akan berpenetrasi ke dalam massa serumen yang kering, mengubah material padat menjadi semi padat (desintegrasimassa serumen).Selain digunakan sebagai obat tetes telinga, senyawaini juga digunakan sebagai laksatif yang mekanisme kerjanya adalah mengurangi tegangan antar muka minyak-air dari kotoran/tinja sehingga kotoran/tinja dapat menjadi lebih lunak.

Menelan natrium dokusat dapat menyebabkan iritasi gastrointestinal, mual, muntah dan diare. Natrium dokusat mempunyai toksisitas rendah namun dosis toksiknya belum diketahui. Senyawa ini larut dalam air sehingga dapat dikeluarkan melalui proses pembuangan alami tubuh dan kemungkinan untuk  menyebabkan efek yang tidak diharapkan di kemudian hari relatif kecil. Pertolongan pertama yang dapat diberikan  terhadap seseorang yang menelan natrium dokusat adalah dengan memberikan air minum atau susu serta tidak dirangsang muntah karena bahan bersifat iritan. Segera bawa korban ke rumah sakit jika gejala yang dialami korban bertambah parah atau ada gejala lain yang berkembang. Untuk menghindari kejadian serupa di masa datang, simpanlah obat jauh dari jangkauan anak.

Rujukan:

Medscape. Ducossate Sodium. http://reference.medscape.com/ (diunduh 29 September 2015)

New Zealand National Poisons Centre. Sodium dioctyl sulphosuccinate. http://www.toxinz.com/Spec/1980196/166100(diunduh 29 September 2015)

Pusat Informasi Obat Nasional BADAN POM. Natrium Dukosat (Natrium Dioktil Sulfosuksinat). http://pionas.pom.go.id/monografi/natrium-dokusat-natrium-dioktil-sulfosuksinat (diunduh 29 Septemeber 2015

Spectrum. Material Safety Data Sheet,Sodium ducosate.http://phm.utoronto.ca/~ddubins/MSDS/Dioctyl_sulfosuccinate_sodium_salt_MSDS.pdf (diunduh 29 September 2015)

Sweetman, Sean C. (edited). 2009. Martindale The Complete Drug Reference thirty-sixth edition. Pharmaceutical Press : London

Royal Pharmaceutical Society. 2014. British National Formulary 67 March 2014 – September 2014. Pharmaceutical Press : Germany

U.S. Pharmacopeial Covention.  2005. Material Safety Data Sheet, Sodium ducosate. http://www.usp.org/pdf/EN/referenceStandards/msds/1224802.pdf (diunduh 29 September 2015)

<< Kembali ke Q&A